Tips Memilih Sepatu Olahraga untuk Banyak Jenis Olahraga

Olahraga merupakan kegiatan yang dapat dijadikan sebagai hobi atau rutinitas untuk mengisi waktu luang. Dengan berolahraga, tubuh akan lebih sehat. Racun di dalam tubuh akan dikeluarkan melalui keringat yang dihasilkan ketika berolahraga. Ketika berolahraga, salah satu peralatan penting yang harus digunakan demi menunjang penampilan dan demi keamanan adalah sepatu. Di antara berbagai jenis sepatu yang diproduksi dan dijual di pasaran, sepatu untuk berolahraga relatif memiliki lebih banyak varian dan model, sehingga tidak jarang orang akan bingung ketika akan memilih sepatu olahraga. Bahkan, setiap olahraga memiliki desain dan model sepatu yang berbeda-beda. Sepatu sepak bola, misalnya, dilengkapi dengan pul di bagian bawahnya. Sementara sepatu basket difasilitasi dengan semacam ring di bagian tumitnya untuk mendukung lompatan. Berikut ini akan dibahas mengenai pertimbangan ketika akan membeli sepatu untuk olahraga agar bisa digunakan untuk bermain banyak jenis olahraga.

  1. Satu Sepatu untuk Banyak Olahraga

Jika Anda menjalankan olahraga hanya sebagai hobi untuk mengisi waktu luang, bukan sebagai rutinitas atau profesionalitas sebagai olahragawan, sebaiknya memilih satu jenis sepatu olahraga yang dapat digunakan untuk banyak olahraga. Selain lebih menghemat pengeluaran, Anda akan lebih memanfaatkan dan memaksimalkan keberadaan sepatu tersebut.

Pilihlah misalnya sepatu lari. Sepatu lari biasanya didesain standar, sehingga sangat cocok digunakan di berbagai jenis olahraga, mulai dari lari, bermain bulu tangkis, bahkan juga dapat digunakan untuk bermain futsal.

Baca Juga: Tips Memilih Sepatu Futsal untuk Hobby

  1. Pilih Sepatu yang Sol atau Heelsnya Datar

Letak perbedaan utama antara sepatu untuk satu jenis olahraga dengan sepatu untuk jenis olahraga lainnya, adalah terletak di bagain sol dan bagian heels atau permukaan bagian bawahnya. Bagian punggung sepatu untuk olahraga, jika diperhatikan sebenarnya didesain cenderung mirip dan hampir seragam, yaitu difasilitasi dengan tali agar ketika digunakan bisa dikencangkan dan diatur sesuai dengan bentuk kaki pemakainya. Namun untuk bagian alasnya, desainnya berbeda-beda. Jika ingin menggunakan satu pasang sepatu untuk banyak jenis olahraga, sebaiknya pilihlah sepatu yang bagian sol atau heelsnya datar, tidak didesain lebih tinggi baik di bagian tumit atau di bagian sisi dalam kaki.

  1. Pilih Sepatu yang Dilengkapi dengan Fitur Anti Slip

Salah satu kekhawatiran terbesar ketika menggunakan satu jenis sepatu untuk berbagai jenis olahraga adalah sepatu tersebut berpotensi membuat licin, sebab bagian alas atau dasar sepatu memang didesain khusus untuk satu jenis olahraga. Namun jangan khawatir, semua itu dapat diatasi jika Anda memilih sepatu yang dilengkapi dengan fitur anti slip atau anti licin, yang biasanya bagian alasnya didesain dengan motif tertentu untuk menghidari penggunanya dari kemungkinan terpeleset, karena difasilitasi dengan alas yang mampu mencengkeram kuat semua jenis lintasan. Dengan memilih sepatu olahraga yang dilengkapi dengan fitur anti slip, maka Anda akan aman menggunakannya untuk berbagai jenis olahraga.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *