Home Tips dan Trik Tips Menulis Artikel Olahraga

Tips Menulis Artikel Olahraga

by Chloe Hughes

Olahraga merupakan hobi dengan penggemar dan penikmat paling banyak di dunia. Saking populernya olahraga, kini olahraga sudah menjadi komuditas dan industri yang cukup besar. Seperti sepak bola, misalnya, kini sepak bola menjadi industri yang mampu menarik jutaan peminat di seluruh penjuru dunia, mulai dari pemasukan dari tiket, hak siar televisi, hingga penjualan jersey, sehingga menghasilkan pundi-pundi uang yang tidak sedikit. Selain dalam hal siaran televisi, media yang berkaitan dengan olahraga pun menjamur. Tidak sedikit media yang meraup keuntungan dari menayangkan berita olahraga, mulai dari media besar yang dikelola oleh koorporasi, hingga media kecil skala rumahan yang dikelola oleh pribadi yang didirikan demi passion. Bagi penulis atau pengelola media skala kecil seperti situs atau blog, menayangkan konten tulisan seperti artikel yang berkualitas mungkin menjadi suatu tantangan tersendiri. Berikut ini adalah beberapa tips menulis artikel olahraga untuk pemula.

Menguak Sisi Lain

Para pembaca artikel olahraga umumnya mencari tulisan untuk memenuhi kebutuhan mereka akan passion tentang olahraga. Jika kita hanya menuliskan berita atau info yang sudah umum, maka orang lain dapat membaca atau mencarinya di media-media lain yang lebih besar dan lebih populer. Untuk itu, kita harus menyisipkan informasi mengenai sisi lain kehidupan olahragawan, mulai bagaimana mereka berlatih, bagaimana gairah mereka akan profesi yang mereka tekuni, hingga kehidupan sehari-hari mereka di luar lapangan. Beberapa media olahraga terkemuka yang membuka rahasia dapur media mereka mengemukakan bahwa, rubrik sisi lain atau artikel yang berisi tentang kehidupan norma olahragawan lebih diminati dibandingkan dengan konten berita tentang hasil pertandingan dan hal-hal yang berada di dalam lapangan lainnya.

Sebagai contoh, ketika sebuah media olahraga mengangkat headline tentang seorang atlet atau olahragawan diterpa isu miring tentang kehidupan pribadinya, oplah penjualan koran mereka atau kunjungan viewers di situs online mereka meningkat drastis. Hal ini menunjukkan bahwa sisi lain kehidupan olahragawan menjadi daya tari tersendiri bagi pembaca.

Baca Juga:Artikel Olahraga tentang Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir

Artikel yang Hidup

Baca Juga:   Langkah Mudah Memilih Sepatu Takraw yang Murah, Nyaman Tetapi Berkualitas

Artikel yang berhasil adalah artikel yang berhasil mengangkat sisi terdalam dari kehidupan olahrawan. Tulislah artikel yang berisi dan hidup, dengan kata lain memberi nuansa pada artikel tersebut, mulai dari perasaan si tokoh, kesan-kesan si tokoh, jawaban yang dikemukakannya atas isu yang menimpanya, dan interpretasi penulis sendiri terhadap permasalahan atau sisi lain si tokoh atlet tersebut. Artikel yang hidup adalah artikel yang menguras emosi pembaca, tidak dasar dan tidak memberi kesan setelah membacanya. Penulis artikel harus mampu memberi kesan yang mendalam tentang sisi lain si olahragawan.

Sebelum menulis artikel olahraga, penulis harus memiliki modal utama yaitu data yang cukup lengkap tentang sebuah isu, tidak berangkat dari kecurigaan, tebakan, atau asumsi, melainkan dari fakta-fakta yang dikumpulkan. Dengan demikian, penulis artikel tidak membawa pembaca untuk membaca gosip murahan, namun benar-benar mendapatkan informasi yang kredible, sehingga ertikel yang kita tulis disukai dan memberi kesan baik bagi pembaca.

Artikel Lainnya

1 comment

froleprotrem October 28, 2020 - 2:35 pm

Yeah bookmaking this wasn’t a bad decision great post! .

Reply

Leave a Comment

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More