Home Tips dan Trik Tips Merawat Baju Olahraga untuk Senam Agar Awet

Tips Merawat Baju Olahraga untuk Senam Agar Awet

by Chloe Hughes

Olahraga bermanfaat untuk menyehatkan badan dan membuat racun dalam tubuh keluar bersamaan dengan keringat. Salah satu jenis olahraga yang butuh baju khusus adalah senam. Baju yang dipergunakan adalah yang fleksibel sehingga dapat digunakan untuk mengikuti pergerakan tubuh. Walaupun senam dilakukan di dalam ruangan, namun karena keringat yang dihasilkan, maka baju olahraga ini harus segera dicuci setelah digunakan.

Berdasarkan pada Journal of Applied and Environmental Microbiology yang mengemukakan jika keringat yang berlebih dan menempel pada pakaian tersebut dibiarkan maka akan membuat bakteri yang bernama Micrococcus berkembang biak. Bakteri tersebut adalah bakteri penyebab bau badan. Keringat yang menempel pada baju untuk olahraga juga akan membuat tubuh Anda menjadi gatal sehingga baju tersebut harus dicuci setelah digunakan.

Sebelum mencuci, sebaiknya Anda mencuci baju olahraga untuk senam yang Anda gunakan tersebut dengan menggunakan tangan. Penggunaan mesin cuci sebaiknya dihindari dengan tujuan untuk menjaga kelenturan atau elastisitas baju senam Anda. Selain itu mencuci dengan tangan juga dapat membantu menjaga serat agar tidak mudah rusak. Kedua adalah gunakan air dingin. Hindari untuk penggunaan air panas karena dapat memecah serta menyusutkan kain.

Baca Juga: 3 Poin Penting Memilih Baju, Celana Olahraga Yang Aman Dan Nyaman

Ketiga adalah siapkan deterjen yang lembut untuk merendam baju senam Anda. Gunakan jenis deterjen yang lembut dan menggunakan bahan atau komposisi yang tidak banyak mengandung zat kimia serta minim residu. Hal tersebut dimaksudkan agar bubuk atau residu dari deterjen yang digunakan untuk merendam baju tidak tertinggal di baju yang dapat menyebabkan kulit gatal. Untuk mengatasi bau baju senam karena keringat atau karena lupa tidak dikeluarkan dari tas olahraga, Anda dapat menggunakan cuka putih, rendam sebentar lalu cuci seperti biasa.

Langkah lainnya untuk merawat baju senam yang dipergunakan untuk senam yaitu:

  • Saat memeras baju senam, hindari untuk memeras terlalu keras. Hindari juga untuk mengeringkannya dengan menggunakan mesin pengering untuk mengurangi resiko baju yang rusak seratnya.
  • Jemur baju senam tersebut di bawah sinar matahari langsung namun jangan terlalu lama dengan cara digantung atau dengan menggunakan hanger atau gantungan baju. Cukup jemur hingga baju kering dan baju sudah tidak lembab atau tidak mengandung air lagi. Penjemuran langsung di bawah sinar matahari dilakukan dengan tujuan untuk membunuh bakteri secara langsung yang mungkin masih ada di baju.
  • Jangan disetrika. Setelah baju senam Anda kering, maka Anda dapat langsung melipatnya dan menyimpannya di almari yang kering. Menyetrika baju senam dapat membuat baju Anda menjadi molor atau melar karena elastisitas yang berkurang sehingga tidak nyaman lagi digunakan dan penampilannya menjadi tidak menarik.

Jadi, dengan perawatan di atas diharapkan bisa membantu Anda untuk membantu merawat baju olahraga agar lebih tahan lama dan nyaman untuk dipergunakan.

 

Baca Juga:   Pertimbangkan Bahan Pakaian Ini untuk Memilih Baju Olahraga Khusus Wanita

Artikel Lainnya

1 comment

frolep rotrem October 28, 2020 - 4:34 pm

Very interesting topic, thanks for putting up.

Reply

Leave a Comment

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More