Tips Mudah Memilih Sepatu Lari yang Nyaman Digunakan

Lari sering dijadikan pilihan bagi banyak orang, karena olahraga ini mudah dilakukan dan tidak membutuhkan banyak biaya. Bagi masyarakat modern yang sibuk dengan pekerjaan namun tetap tidak ingin melewatkan untuk berolahraga, lari adalah pilihannya. Lari memilki banyak manfaat bagi tubuh diantaranya, menjaga kesehatan jantung, menekan tingkat stress, dan berumur panjang. Saat melakukan olahraga lari Anda memerlukan pakaian yang nyaman dan juga sepatu. Dalam memilih sepatu pastinya harus mempertimbangkan berbagai hal. Berikut akan diuraikan tips dalam memilih sepatu lari.

Tips Mudah Memilih Sepatu Lari yang Nyaman Digunakan

Pilih yang Pas dan Nyaman Digunakan

Anda harus memilih sepatu yang nyaman dan pas, apabila tidak nyaman atau kurang pas, justru akan menimbulkan rasa sakit ketika berlari. Sepatu memilki ventilasi untuk menjaga suhu di dalamnya, jika suhu di dalam sepatu terlalu panas, tentu akan sangat mengganggu dan membuat cepat lelah. Dalam kondisi tertentu suhu di dalam sepatu akan terus meningkat apabila digunakan dalam waktu yang lama, maka dari itu Anda harus memperhatikan terlebih dahulu apakah sepatu yang akan Anda beli memilki ventilasi yang baik agar udara dapat masuk dan keluar dengan baik.

Pilih Sepatu Sesuai Jenis Kontur Kaki

Dalam membeli sepatu jangan buru-buru, perhatikan terlebih dahulu jenis kaki Anda, apakah melengkung atau netral. Berikut cara memilih sepatu sesuai jenis kaki.

  • Jenis kaki lengkungan tinggi atau high arch. Sepatu yang cocok digunakan untuk adalah sepatu yang fleksibel dengan midsole tebal dan empuk digunakan. Jenis kaki ini cocok menggunakan neutral shoes yang bagian depannya terdapat bantalan empuk serta tumit untuk menyokong tekanan yang besar.
  • Jenis kaki lengkungan rendah atau low arch. Sepatu yang pas adalah sepatu yang memilki busa yang tebal pada bagian tengah yang bertujuan mengontrol badan.
  • Jenis kaki netral. Jenis kaki ini cocok pada sebagian besar jenis sepatu lari. Sepatu yang paling cocok adalah stability shoes, yang mana bagian midsolenya terdapat foam yang empuk yang dapat memberikan kestabilan saat berlari.

Perhatikan Detail Sepatu Lari

Sepatu lari memilki banyak ragam dan model. Banyaknya model akan memudahkan Anda untuk menentukan sepatu yang sesuai selera. Namun Anda tetap harus memperhatikan detail-detail dari sepatu yang akan Anda beli, karena kenyamanan menjadi hal utama yang diperlukan ketika berlari. Berikut adalah detail yang perlu Anda perhatikan.

  • Bobot sepatu. Anda perlu memperhatikan bobot sepatu karena akan menentukan langkah Anda. Jika hanya digunakan untuk lari jarak pendek, maka pilihlah sepatu yang ringan, tetapi apabila digunakan untuk lari jarak jauh seperti marathon, pilihlah sepatu yang bobotnya sedikit lebih berat.
  • Kelenturan. Ketika Anda melangkah tentu sepatu akan menekuk mengikuti langkah kaki, maka kelenturan sepatu juga perlu diperhatikan.
  • Rongga pada sepatu. Pastikan rongga sepatu memberikan ruang gerak pada kaki, sehingga tidak terlalu sempit. Atau juga terlalu longgar.
  • Bahan peredam. Anda perlu memperhatikan bahan peredam dalam sepatu karena bahan tersebut yang akan memperkecil risiko saat berlari akibat tegangan saat menghentakkan kaki.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *