Tips Olahraga Ketika Bulan Puasa

Banyak yang menganggap saat berpuasa kita tidak bisa berolahraga. Padahal, kita bisa saja melakukan olahraga. Mungkin jika dibayangkan, olahraga ketika puasa dan perut sedang kosong, badan menjadi kurang semangat dan membuat tubuh menjadi malas bergerak. Padahal, bulan puasa ini sebenarnya bukan alasan untuk kita berhenti berolahraga. Olahraga merupakan kebutuhan tubuh yang bisa membuat tubuh menjadi bugar dan sehat, termasuk ketika berpuasa. Ada beberapa tips olahraga yang bisa menjadikan tubuh Anda menjadi tetap sehat.

Pertama, pilih waktu yang tepat untuk melakukan olahraga. Bukan tidak mungkin kita bisa rutin melakukan olahraga hingga 5 kali dalam seminggu ketika berpuasa. Anda dapat menyesuaikan durasi olahraga seperti mengubah durasinya menjadi 20 menit. Tidak perlu memaksakan durasi olahraga seperti saat kita tidak puasa. Jika Anda memilih berolahraga sebelum berbuka, usahakan olahraga 1 jam sebelum berbuka agar Anda bisa langsung minum saat sudah selesai berolahraga. Jika Anda ingin melakukan olahraga setelah buka puasa, paling tidak menunggu hingga 2 jam agar makanan yang masuk dapat dicerna terlebih dahulu, namun bila Anda menyukai olahraga di pagi hari, lakukan olahraga 3 jam setelah bersantap sahur.

Tips olahraga saat puasa yang kedua ialah minum air putih yang cukup. Pastikan jika asupan cairan di dalam tubuh Anda cukup selama bulan puasa, termasuk saat berolahraga. Minum hingga 2 liter air dalam sehari agar dapat memenuhi kebutuhan cairan perhari. Agar bisa menghindari dehidrasi, Anda bisa mengurangi olahraga fisik yang biasanya dilakukan saat siang hari, seperti berolahraga ketika siang hari. Saat berolahraga di siang hari, tubuh Anda akan menjadi lebih cepat haus, selain itu Anda juga tidak bisa langsung minum air putih. Jika Anda akan berolahraga setelah berbuka, minum air putih sebelum mulai melakukan olahraga.

Baca juga: Tips Olahraga Skateboarding Bagi Pemula

Ketiga, olahraga dengan intensitas yang lebih tepat. Apapun jenis olahraga yang akan Anda pilih, hindari olahraga yang berat. Olahraga yang ringan saat bulan puasa tidak masalah karena olahraga ini dimaksudkan bukan untuk menghabiskan energi melainkan untuk kesehatan. Anda dapat memilih olahraga seperti yoga, bersepeda, jalan cepat, jogging dan yang lainnya. Untuk sementara waktu, latihan olahraga yang berat seperti angkat beban lebih baik Anda hentikan terlebih dahulu, karena bisa menguras energi secara sekaligus.

Keempat, tidur cukup. Olahraga sudah Anda jalankan secara rutin, namun kenapa berat badan masih di angka yang besar? Jika hal tersebut merupakan masalah Anda, Anda bisa mengingat-ingat apakah waktu tidur yang Anda miliki sudah cukup? Saat Anda ingin tetap melakukan olahraga ketika puasa, pastikan jika waktu tidur Anda sudah cukup, karena tubuh juga memerlukan istirahat untuk energi yang kita gunakan sepanjang hari. Tanpa disertai dengan tidur yang berkecukupan, bisa dianggap nantinya olahraga yang Anda lakukan akan menjadi sia-sia. Pasti sangat disayangkan jika manfaat olahraga tidak bisa Anda dapatkan secara penuh hanya karena waktu tidur yang masih berantakan.

Tips olahraga saat bulan puasa yang terakhir ialah memilih makanan yang sehat agar olahraga menjadi optimal. Saat berbuka puasa, mungkin rasa-rasanya seperti ingin melahap berbagai macam makanan. Namun, sebelum melahap seluruh makanan yang ada, pastikan gizi harian Anda tetap terpenuhi. Menu berbuka yang paling baik seperti serat, karbohidrat, gula, dan protein. Lantas, seperti apa menu buka puasa Anda sekarang? Seperti poin sebelumnya, pastikan Anda mengkonsumsi air putih yang cukup dan tambahkan jus segar dalam menu Anda.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *