Home Tips dan Trik Tips Olahraga Lari Yang Benar

Tips Olahraga Lari Yang Benar

by Chloe Hughes

Tips Olahraga – Olahraga lari adalah salah satu olahraga yang bisa dilakukan siapa saja, dari anak kecil sampai dewasa. Semua bisa melakukan olahraga lari, yang sangat menyehatkan untuk pikiran dan tubuh kita. Namun, ada beberapa tips yang harus Anda terapkan dan lakukan dalam berolahraga lari, agar Anda terhindar dari cedera dan membuat olahraga Anda semakin berenergi, semangat dan maksimal.

Kita intip yuk, tips olahraga lari di bawah ini, yang bisa Anda jadikan bahan referensi sebelum dan sesudah melakukan olahraga lari.

  • Usahakan Agar Tubuh Selalu Dalam Posisi Tegak

Dengan Postur Badan yang membungkuk akan membuat beberapa bagian otot pada tubuh kita kurang aktif, seperti punggung dan sebagainya yang menimbulkan risiko cedera atau juga nyeri. Jadi usahakan saat berlai Tubuh Anda Selalu Dalam Posisi Tegak agar mendapatkan hasil kesehatan yang memuaskan.

  • Usahakan Sewaktu Menapakkan Kaki Sebaiknya Bertumpu Pada Tumit dan Berlanjut ke arah jari kaki.

Hindarkan menapak kan anda dengan seluruh telapak kaki pada waktu bersamaan. Sebab, Hentakan dari telapak kaki akan membuat gelombang kejut pada bagian tulang kering, lutut, dan punggung. dan berefek cedera pada bagian tertentu.

Baca Juga: 3 Tips Olahraga Untuk Meninggikan Badan

  • Penuhi Cairan Tubuh Sebelum, Selama, Dan Setelah Berlari.

Minumlah air secukupnya dengan kira-kira waktu antara 30 menit sebelum anda berlari, hal ini sangat bagus untuk menghindari terjadinya kram pada otot-otot anda. Dan Jika Anda berlari lebih dari waktu 30 menit, dianjurkan untuk  mengonsumsi minuman berenergi. Usahakan agar perut tidak kosong dari makanan sebelum anda lari.

  • Usahakan Pada Saat Berlari Anda Bernafas Menggunakan Hidung

Pada saat berlari, sebaiknya pada saat melakukan pernafasan disarankan agar menggunakan hidung dan tutup mulut anda. karena jika anda menggunakan pernafasan dengan mulut akan sangat cepar terjadinya dehidrasi dan kelelahan.

  • Beristirahatlah Saat Mengalami Cedera

Jika anda mengalami nyeri pada bagian otot manapun usahakan untuk berhenti dan beristirahat agar cedera tersebut tidak semakin parah.

  • Gunakan Sepatu Sport yang Khusus Untuk Berolahraga

Penggunaan Sepatu yang sembarangan akan membuat masalah bagi anda sendiri dan biasanya akan mengalami cedera atau rasa nyeri pada lutut. Jadi saya sarankan agar menggunakan Sepatu yang memang dirancang untuk berlari.

  • Pemanasan

Pemanasan sangat perlu sebelum anda berlari hal tersebut sangat disarankan agar otot-otot pada bagian kaki dan sekitarnya agar tidak terlalu kaget dengan perubahan ekstrim gerak pada saat kita berlari. langkah-langkah tersebut bisa dilakukan dengan cara perenggangan, untuk jelasnya tonton video dibawah ini.

  • Berhentilah Merokok

Rokok dapat membuat penyerapan kapasitas oksigen dalam paru-paru berkurang. jika anda tetap merokok maka kerja jantung dan paru-paru pada tubuh anda akan semakin berat.

Semoga tips olahraga lari di atas bisa bermanfaat bagi Anda. sekian dan terimakasih

Baca Juga:   Mengenal Bahan Untuk Jersey Terbaik

Artikel Lainnya

2 comments

froleprotrem October 28, 2020 - 9:27 am

Super-Duper blog! I am loving it!! Will come back again. I am taking your feeds also.

Reply
froleprotrem October 28, 2020 - 1:29 pm

There is noticeably a bundle to know about this. I assume you made certain nice points in features also.

Reply

Leave a Comment

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More