Home Tips dan Trik Tips Olahraga : Mengatasi Kram Saat Berenang

Tips Olahraga : Mengatasi Kram Saat Berenang

by Chloe Hughes

Tips Olahraga : Mengatasi Kram Saat Berenang – Berenang merupakan kegiatan olahraga air yang sangat menyenangkan dan juga menyegarkan. Namun ada satu hal yang dapat mengganggu keasyikan anda saat berenang yaitu kram otot. Kram adalah pengerutan pada otot yang muncul secara tiba-tiba dan menimbulkan nyeri. Kram bisa muncul selama beberapa detik, menit, atau jam tergantung dari kontraksinya. Kram pada otot kaki juga kerap terjadi ketika kita berenang. Tapi, bukan berarti kamu jadi tidak berani berenang karena takut kram. Apalagi, berenang banyak manfaatnya, yaitu bisa menyehatkan tubuh, menurunkan berat badan, juga membuat tubuh bebas dari stres. Penyebab kram otot terjadi yaitu karena otot sudah lelah dan terlalu sering digunakan, kram juga bisa disebabkan karena kurangnya kadar elektrolit di dalam tubuh dan otot sehingga otot pun tidak bekerja sesuai dengan keinginan dan menegang. Bila seseorang yang sedang berenang di kolam mengalami kram, sebaiknya segera ke tepi kolam.

Sebelum masuk ke bagian tips olahraga mengatasi kram saat berenang, ada baiknya kamu simak terlebih dahulu beberapa hal yang harus dilakukan sebelum berenang :

  • Menjaga tubuh agar tetap terhidrasi

Sebelum berenang, jangan lupa untuk minum air secukupnya supaya tubuh kamu tetap terhidrasi. Kamu juga boleh minum air yang mengandung elektrolit karena bahan tersebut dipercaya bisa mencegah kram sekaligus menjaga kebugaran tubuh.

  • Lakukan Peregangan Otot

Sama seperti olahraga lain. Sebelum berenang, kamu juga perlu melakukan peregangan agar fleksibilitas otot terjaga sekaligus tidak kaget saat berada di dalam air. Setelah berenang pun, kamu juga harus kembali melakukan peregangan. Peregangan simpel yang bisa kamu lakukan adalah berdiri dengan satu kaki dan kaki lainnya diangkat ke dinding lalu tubuh ditekuk hingga menyentuh lutut. Kamu juga bisa melipat kaki ke belakang tubuh lalu sesekali melompat atau melakukan squat.

Setelah memperhatikan hal-hal sebelum mulai berenang, berikut tips mengatasi kram saat berenang :

  • Jangan panic

Dengan bersikap tenang, bisa membantu kamu untuk mengembalikan keseimbangan tubuh ketika berada di dalam air. Selain itu, jangan lupa untuk menghirup napas dalam-dalam lalu keluarkan perlahan-lahan. Hal itu akan mempermudah kamu untuk keluar dari kolam.

  • Lakukan pemijatan

Setelah keluar dari kolam renang, pijatlah otot kaki yang kram agar elastisitas otot kembali seperti semula. Lakukan pijat hingga rasa nyerinya hilang.

  • Lakukan Peregangan Otot

Jika berenang ke tepi tidak memungkinkan, selain tetap tenang kamu harus melakukan peregangan otot dengan memijat perlahan otot yang kram, hal ini dapat membantu mengembalikan elastisitas otot agar kembali seperti semula. Lakukan peregangan dan pemijatan berkali-kali sampai nyeri nya menghilang. Adapun dua posisi peregangan yang harus dilakukan bila mengalami kram di dalam air :

  • Posisi pertama anda harus menekuk lutut ke arah dada. Kemudian tarik telapak kaki dan jari kaki ke belakang ke arah punggung dengan hati-hati. Posisi ini membantu anda dalam mengatasi kram pada otot paha belakang dan betis.
  • Posisi kedua menekuk paha ke belakang, tarik jari kaki dan punggung ke arah telapak kaki lalu tekuk lutut anda. Posisi ini mampu mengatasi kram paha bagian depan dan punggung kaki.
Baca Juga:   4 Merk Tas Olahraga Pilihan Anda

Artikel Lainnya

Leave a Comment

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More