Tips Olahraga Skateboarding Bagi Pemula

Olahraga yang satu ini telah banyak digemari anak muda zaman sekarang. Sejak pertama kali muncul di Amerika sana, skateboarding telah menyebar luas hingga seluruh dunia. Ketangkasan dan keseimbangan yang baik dalam melaju di atas papan skate menjadi salah satu modal yang harus dimiliki seorang skater—sebutan bagi pemain skateboard. Di bawah ini ada beberapa tips olahraga skateboarding bagi pemula yang perlu anda ketahui sebelum anda menerjuninya.

  • Pilih Posisi Kaki

Hal pertama yang perlu diperhatikan dalam bermain skateboard adalah posisi kaki. Posisi kaki kamu dalam berdiri di atas papan skate. Ada dua pilihan untuk hal ini.

Posisi kaki kanan di depan atau yang biasa disebut Goofy atau posisi kaki kiri di depan atau yang biasa disebut reguler. Nyamankanlah posisi kaki anda sebelum anda mengayuh papan. Bila memilih goofy, maka yang mendorong papan adalah kaki kiri. Begitu juga sebaliknya. Usahakan anda seimbang dalam hal menempatkan posisi kaki ini. Berikan porsi yang sama untuk keduanya. Karena dalam level yang lebih tinggi, kalau anda bisa menggunakan kedua posisi kaki ini—reguler dan goofy—maka anda akan sangat diperhitungkan.  

  • Mengayuh Papan

Mengayuh/ memboseh/ mendorong papan adalah tahapan selanjutnya usai menempatkan posisi kaki.

Tips mudahnya adalah: Letakan kaki depan sedikit dibelakang nuts (mur). Tundukkan sedikit posisi lutut dan punggung serta lebarkan bahu. Kemudian taruh kaki belakang ke bumi, dorong perlahan dengan gerakan badan maju ke depan. Yang perlu diperhatikan adalah jangan terlalu menunduk dan jangan terlalu tegap. Carilah kenyamanan di tengah-tengahnya.

  • Tic-Tac

Tic-tac adalah gerakan membelokkan papan ke kiri dan ke kanan. Seperti gerakan zig-zag. Bila kamu sudah terbiasa dengan mendorong papan tadi, maka ini adalah langkah selanjutnya.

Baca Juga:Tips Merawat Jersey Bola yang Benar

Tipsnya adalah tempatkan tumpuan beban pada telapak kaki belakang. Angkat sedikit bagian tail (bagian belakang papan yang diinjak oleh kaki belakang) belokan ke kiri dan ke kanan dengan kaki depan sejajar dengan mengarahkan bahu  ke arah yang diinginkan.     

  • Berbelok

Untuk berbelok kamu cuma perlu menempatkan kaki depan di sisi depan bagian kiri atau kanan. Kalau mau belok ke kanan, condongkan tubuh kamu dengan menginjak sedikit kaki di bagian kanan. Maka secara otomatis kingpin yang berada di bagian trucks akan mengarahkan papan skate kamu ke kanan. Begitu juga sebaliknya. Cara kerjanya sama.

  • Mengerem

Untuk mengerem kamu bisa menghentakan bagian belakang papan (tail) ke bumi. Atau gunakan kaki belakangmu untuk mengerem.

  • Ollie

Tingkat selanjutnya dari trik dasar yang perlu dikuasai adalah, Ollie.

Ollie adalah gerakan melompatkan papanmu. Skateboard di desain dengan bagian depan (nose) dan bagian belakang (tail) melekuk. Ini berguna untuk membuat hentakan agar tercipta ollie.

Tipsnya dalah taruh kaki depan di belakang nuts. Berikan tumpuan padi telapak kaki belakang yang menginja tail. Pompa badan kamu ke bawah menekan papan. Dengan  menundukkan kedua lutut kamu dan lebarkan bahu. Lompatkan papan ke atas dengan terlebih dahulu menghentak tail. Ketika sudah berhasil terlontar, dorong kaki depan ke arah depan. Redam landingnya dengan menundukkan lutut serta badan kembali. Trik ini memang sulit di awal, tapi makin mudah kalau sering dilatih.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *