Home Tips dan Trik TIPS OLAHRAGA UNTUK PEMULA

TIPS OLAHRAGA UNTUK PEMULA

by Chloe Hughes

Sebuah peribahasa latin pernah berkata, di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Jika kita mengacu terhadap peribahasa tersebut maka kita harus memiliki tubuh yang sehat terlebih dahulu sebelum mendapatkan jiwa yang kuat. Salah satu cara untuk mendapatkan tubuh yang sehat adalah dengan rajin berolahraga, akan tetapi tidak semua orang menyukai kegiatan olahraga. Berikut ini adalah kabar olahraga agar kita dapat membiasakan diri berolahraga. Tips olahraga ini sangat penting agar tubuh kita tidak kaget dan mendapat cedera serius saat melakukan olahraga.

Hal pertama yang harus kita lakukan saat berolahraga adalah pemanasan. Biasakan melakukan pemanasan sebelum melakukan kegiatan olahraga apapun. Pemanasan sangat berguna untuk menyiapkan tubuh kita agar tidak kaget saat melakukan kegiatan olahraga, tubuh yang kaget bisa menyebabkan cidera yang di karenakan otot dan tubuh tidak siap menerima beban saat berolahraga. Umumnya pemanasan diawali dengan jogging dan senam pemanasan. Jika anda baru memulai berolahraga atau tidak terbiasa berolahraga mulailah kegiatan olahraga anda dengan jenis olahraga ringan juga dengan porsi yang ringan pula. Hal ini bertujuan agar tubuh kita dapat menyesuaikan diri terlabih dahulu dengan beban olahraga yang kita lakukan. Beberapa jenis olahraga ringan adalah jogging, lari, renang ataupun senam. Berikutnya kita harus sadar akan batas fisik kita, jangan terlalu memforsir fisik kita karena dapat beraakibat fatal. Jika kita sudah merasa mencapai batas fisik kita, usahakan agar mensudahi kegitan olahraga kita. Hal ini sangat penting karena setiap orang mempunyai batas ketahanan fisik yang berbeda beda. Jangan terlalu memaksa batasan fisik kita karena dapat berakibat cidera dan kelalahan dan lebih jauh lagi dapat berakibat kematian karena cidera atau kelelahan. Berikutnya adalah minum secukupnya. Minum secukupnya saat  berolahraga agar kita terhindar dari dehidrasi. Kegiatan berolahraga umumnya sangat menguras fisik kita yang berarti butuh pembakaran dalam tubuh kita yang membutuhkan cairan tubuh. Usahakan minum minuman yang mengandung glukosa sesaat setelah berolahraga untuk mengganti karbohidrat dalam tubuh yang terkuras saat berolahraga. Tips olahraga berikutnya adalah melakukan pelemasan saat mensudahi kegitan berolahraga, hal ini untuk melemaskan kembali otot otot yang tegang saat melakukan kegitan olahraga. Banyak kasus cidera saat berolahraga yang disebabkan tidak melakukan pelemasan saat mengakhiri kegiatan berolahraga. Tips berolahraga berikutnya adalah biasakan berolahraga secara rutin dan menambah porsi berolahraga secara berkala dan teratur. Hal ini agar tubuh kita mencapai kesiapan yang sempurna saat kita menambah porsi olahraga kita.

Demikianlah tips olahrga bagi pemula. Mudah mudahan tips berolahraga diatas dapat bermanfaat bagi kita dan kita dapat menjalakan kegiatan berolahraga yang aman dan nyaman.

Baca Juga:   3 Jersey Terbaik Klub Sepakbola Dunia

Artikel Lainnya

Leave a Comment

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More