Tips yang Bisa Anda Terapkan Saat Membeli Bola Basket yang Digunakan Bermain

Dalam olahraga berkelompok yaitu basket, bola menjadi salah satu komponen penting yang harus dimiliki ketika ingin bermain, mengingat tanpa bola ini tentunya akan sangat sulit melakukan permainan yang mengandalkan kecepatan tangan dan juga berlari tersebut. Bola basket ini juga berbeda dengan produk bola untuk bermain yang lainnya, jika dilihat dari segi ukurannya sendiri jauh lebih besar dan juga bobotnya yang tergolong lebih berat.

Sebagian besar diantara pilihan produk bola tersebut memang awet dibandingkan dengan bola untuk olahraga yang lainnya, karena bahan utamanya lebih tebal. Sehingga tak mudah mengeluarkan angin dari dalam. Namun agar tak salah dalam memilih, maka berikut ini setidaknya juga ada beberapa tips bagi Anda sebelum membeli bola basket tersebut, diantaranya adalah:

Baca Juga:4 Manfaat Menggunakan Sepatu Basket Saat Bermain Bola Basket

  1. Ukuran, pada dasarnya ukuran bola ini ada 3 seri, untuk anak-anak yang bermain di tingkat SD akan memakai ukuran 5, sehingga pas juga digunakan untuk tangan kecil mereka, semakin besar atau dewasa maka ukuran yang digunakan juga akan berganti-ganti dari 6 hingga 7 untuk yang paling besar dan sudah umum dipakai dalam permainan skala internasional.
  2. Bahan, dari segi bahannya sendiri bola yang satu ini memang ditawarkan dalam beberapa pilihan, setidaknya ada 3 jenis pilihan yang wajib untuk diketahui, yaitu bahan full leather, bahan yang satu ini dibuat dari kulit asli, sehingga lebih kuat dan tahan lama ketika dipakai, juga ada PU leather, yaitu terbuat dari kulit sintetis yang biasanya diproduksi oleh pabrikan tertentu, daya tahannya lebih rendah dari full leather, namun harganya lebih murah, sedangkan bahan yang lainnya adalah PVC, kulit sintetis yang memiliki tekstur lebih keras ketika ditekan, juga sedikit lebih awet dibandingkan dengan PU leather.
  3. Harga, pilihan harga dari bola untuk bermain basket sendiri tentunya juga sangat bervariasi, ada yang ditawarkan dengan harga yang terjangkau, namun juga ada yang ditawarkan dengan harga mahal, tergantung dari pilihan bahan hingga kualitas produk tersebut.
  4. Merk, ingin produk yang berkualitas untuk menunjang permainan basket, maka tak bisa mengesampingkan merk yang akan Anda gunakan nantinya. Setidaknya ada cukup banyak diantara merk-merk produk sport yang juga mengeluarkan bola untuk bermain basket ini, konsumen bisa banding-bandingkan dari segi kualitas dan yang paling penting adalah tawaran harga produknya.

Bola basket ini biasanya tahan lebih lama digunakan bermain dibandingkan dengan bola yang lainnya, asalkan digunakan semestinya dan juga dirawat secara tepat. Bermain basket tak hanya sebagai bentuk hiburan saja, kenyataannya memiliki banyak sekali manfaat, salah satunya adalah untuk mengoptimalkan pertumbuhan menjadi lebih tinggi. Sehingga pastikan bahwa Anda rajin memainkannya, di usia-usia pertumbuhan.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *