Home Tips dan Trik 4 Olahraga Kardio ini bisa Anda lakukan dengan Mudah dan Murah

4 Olahraga Kardio ini bisa Anda lakukan dengan Mudah dan Murah

by Chloe Hughes
4 Olahraga Kardio ini bisa Anda lakukan dengan Mudah dan Murah

Salah satu jenis olahraga yang bisa meningkatkan kinerja jantung ialah kardio. Sebenarnya, hal tersebut sudah bisa dilihat dengan jelas pada namanya yang berasal dari kata kardiovaskular  artinya semua yang berhubungan dengan jantung dan pembuluh darah. Tak heran jika olahraga ini menyehatkan jantung. Selain itu, olahraga kardio juga efektif untuk menurunkan berat badan. Manfaat olahraga ini bisa Anda dapat juga dengan memperhatikan asupan nutrisi yang dikonsumsi. Sebenarnya kardio ini terdiri dari beberapa macam olahraga tetapi untuk yang mudah dan murah dilakukan ada 4 sebagai berikut.

4 Olahraga Kardio ini bisa Anda lakukan dengan Mudah dan Murah

  • Berjalan kaki

Dibandingkan dengan lari, jalan kaki lebih banyak disukai. Hal tersebut karena berbagai kemudahan yang ditawarkan jalan kaki daripada berlari. Walaupun olahraga ini sangat sederhana dan mudah dilakukan, berjalan kaki mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan. Berjalan kaki setiap hari dapat menyehatkan jantung serta membakar kalori yang ada di dalam tubuh. Perut buncit juga dapat diatasi dengan berjalan kaki.

Jalan kaki bisa Anda lakukan di mana saja, namun karena ini difungsikan untuk olahraga dengan tujuan mendapatkan berbagai manfaat maka Anda perlu untuk menaikkan intensitasnya. Jika Anda bosan dengan rute jalan kaki yang telah dijadwalkan, Anda bisa memilih rute baru seperti di taman atau di pantai. Selain itu meskipun jalan kaki sendiri bisa membuat Anda lebih fokus pada kegiatan olahraga, sesekali Anda bisa mengajak teman atau keluarga untuk menemani.

  • Berlari atau Jogging

Berlari sangat mudah dan murah dilakukan karena tidak memerlukan alat bantu seperti halnya jalan kaki. Hal yang diperlukan dalam olahraga kardio ini ialah niat untuk menjadi sehat dan rajin berolahraga. Pastikan jarak lari yang Anda tempuh dilalui secara bertahap. Seminggu pertama Anda mempraktekkan olahraga ini jangan langsung menempuh jarak berkilo-kilo meter. Tetapi mulailah dengan jarak yang dekat terlebih dahulu, setelah tubuh Anda terbiasa, barulah tambah jarak tersebut.

  • Bersepeda
Baca Juga:   Inilah Beberapa Jenis Alat yang Harus Disiapkan untuk Olahraga Tenis Meja

Olahraga ini pasti pernah menjadi salah satu media bermain Anda waktu kecil. Selain menyenangkan, Bersepeda dapat menyehatkan jantung juga dapat membakar lemak dan kalori yang ada dalam tubuh. Dengan bersepeda juga bisa mengencangkan otot bagian bawah atau bagian kaki Anda. Perut buncit juga bisa diatasi dengan olahraga ini. Jika Anda tidak mempunyai waktu lebih untuk bersepeda, Anda bisa menyiasatinya dengan menggunakannya sebagai kendaraan saat pergi ke kantor atau tempat tertentu.

  • Berenang

Berenang juga mempunyai manfaat bagi kesehatan Seperti olahraga kardio pada umumnya. Jika Anda masih baru dalam olahraga ini, kalori tubuh yang terbakar akan lebih banyak sebagai respon tubuh akan tantangan baru. Seiring Anda terbiasa melakukannya maka jumlah kalori yang dibakar akan berkurang. Di samping menjadikan renang sebagai aktivitas rutin, Anda juga harus mengontrol asupan nutrisi yang Anda konsumsi untuk hasil yang memuaskan.

Artikel Lainnya

1 comment

froleprotrem October 28, 2020 - 7:53 am

Your style is so unique compared to many other people. Thank you for publishing when you have the opportunity,Guess I will just make this bookmarked.2

Reply

Leave a Comment

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More