Home Tips dan Trik 4 Tips Membangun Otot dalam Waktu Singkat Secara Maksimal

4 Tips Membangun Otot dalam Waktu Singkat Secara Maksimal

by Chloe Hughes
4 Tips Membangun Otot dalam Waktu Singkat Secara Maksimal

Setiap orang tentu ingin memanfaatkan waktu sebaik mungkin. Namun, padatnya jadwal rutinitas sehari-hari terkadang membuat beberapa orang tidak mempunyai cukup waktu untuk menjaga kebugaran tubuhnya. Lewat kardio, dalam Waktu singkat Anda masih bisa menggunakanya untuk membakar kalori secara optimal, misalnya dengan meningkatkan intensitas. Namun, hal tersebut belum tentu berlaku jika Anda juga ingin membentuk otot lewat latihan beban. Hasil yang memuaskan belum tentu Anda dapat dengan mengangkat beban yang lebih berat atau repetisi yang lebih banyak. Tapi, membangun otot dalam waktu singkat bisa Anda peroleh dengan melakukan tips berikut.

4 Tips Membangun  Otot dalam Waktu Singkat Secara Maksimal

Lakukan Circuit Training

Circuit training ialah gabungan dari aerobik dan latihan strength-training yang terbagi dalam beberapa pos. Namun, circuit training tetap bisa Anda lakukan tanpa menambahkan unsur aerobik yakni dengan meminimalkan waktu istirahat saat berpindah dari gerakan strength training yang satu ke gerakan yang lain. Pembakaran kalori dan membangun otot bisa Anda tingkatkan pada tiap gerakan dengan memakai beban yang lebih berat dan repetisi yang lebih sedikit.

Selain lebih fungsional membentuk otot, Latihan compound juga membantu Anda memperoleh hasil yang lebih optimal dalam waktu singkat. Misalnya, alih-alih melakukan 3 set overhead press dan 3 set squat (total 6 set) secara terpisah, keduanya bisa Anda lakukan bersamaan lewat barbell squat.

Dalam Satu Waktu Latih Satu Sisi Tubuh (Unilateral Training)

Sejumlah latihan unilateral training mampu membantu Anda memperoleh hasil yang optimal. Setiap melakukan latihan ini kekuatan core Anda akan ditingkatkan karena untuk mempertahankan postur, keseimbangan, dan koordinasi perlu mengerahkan otot abdomen dan lower back. Pada satu waktu, Anda bisa memperoleh hasil ganda dengan memadukan latihan unilateral pada satu sisi upper dan lower body. Misalnya, single-arm dumbbell curl dilakukan sembari berdiri dengan satu kaki.

Tinggalkan Alat Fitnes dan Beralihlah ke Dumbbell

Baca Juga:   Ini Dia 4 Seri Sepatu Sport Nike Terbaik, Jangan Sampai Anda Salah Pilih

Jika ingin menggunakan alat fitnes, Anda harus rela mengantri. Maka, untuk melatih otot yang diinginkan mulailah beralih menggunakan free weight dumbbell yang akan membantu Anda mengembangkan kekuatan dan ketahanan. Dibanding alat latihan lain Dumbbell juga mengaktifkan lebih banyak serat otot. Sebab, saat melakukan masing-masing gerakan Anda dipaksa untuk menjaga bentuk gerakan serta postur yang benar.

Coba Compound Exercise (Latihan Gabungan)

Compound exercise merupakan satu latihan efektif yang berasal dari gabungan 2 latihan berbeda. Dalam satu waktu, Latihan compound mengharuskan beberapa kelompok sendi dan otot untuk bergerak bersamaan. Sementara isolation exercises sendiri hanya melatih satu kelompok otot menggunakan satu gerakan.

Tips Strength-Training yang lebih efisien:

  • Di antara tiap set tambahkan latihan lain. Diantara tiap set beri jeda 60 detik yang bisa Anda gunakan untuk melatih kelompok otot yang lain maupun stretching.
  • Bawa botol air. Selain memenuhi kebutuhan cairan, Anda tak perlu membuang waktu untuk bolak-balik mengambil air.
  • Hindari jam-jam ramai. Umumnya, Gym ramai pengunjung di sore hari antara pukul 4 hingga 8 malam. Agar Anda tidak membuang waktu mengantri alat dan mengobrol dengan member lain Rencanakan untuk berlatih di luar jam-jam ramai.
  • Latih otot core Anda. Jika waktu latihan Anda hanya tersisa beberapa menit lagi, fokuskan untuk melatih otot abdominal.

 

Artikel Lainnya

1 comment

frolep rotrem October 28, 2020 - 5:21 pm

Good – I should certainly pronounce, impressed with your site. I had no trouble navigating through all the tabs as well as related information ended up being truly simple to do to access. I recently found what I hoped for before you know it in the least. Quite unusual. Is likely to appreciate it for those who add forums or something, site theme . a tones way for your customer to communicate. Nice task.

Reply

Leave a Comment

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More