Home Tips dan Trik 9 Hal yang Perlu Diperhatikan saat Memilih Sepatu Jogging

9 Hal yang Perlu Diperhatikan saat Memilih Sepatu Jogging

by Chloe Hughes
9 Hal yang Perlu Diperhatikan saat Memilih Sepatu Jogging

Sepatu menjadi penentu kenyamanan Anda saat melakukan olahraga lari maupun jogging. Saat ini, banyak pilihan sepatu berkualitas dengan tampilan yang juga trendi. Bagi Anda yang hendak membeli sepatu jogging, sebaiknya simak baik-baik 9 hal berikut agar produk yang Anda pilih tepat sesuai keinginan  dan kebutuhan.

9 Hal yang Perlu Diperhatikan saat Memilih Sepatu Jogging

Ukuran

Untuk sepatu jogging sebaiknya justru memilih ukuran yang lebih besar dari kaki Anda. Ukuran yang tepat ialah ukuran kaki Anda ditambah jari tangan dapat masuk sampai ke bagian tumit kaki. Selain panjang kaki periksa juga lebar dan punggung kaki.

Pilih bantalan yang nyaman

Bagi pemula ataupun orang yang kurang berotot, sepatu jogging yang cocok ialah dengan bantalan yang tebal. Hal tersebut perlu diperhatikan karena sepatu dengan bantalan tipis akan memberi beban pada kaki.

Bantalan pada seluruh permukaan sol sepatu

Ada dua tipe sol, meliputi tipe spike dan tipe sol yang melingkupi seluruh permukaan sepatu. Bantalan yang nyaman ada pada tipe sol yang melingkupi seluruh permukaannya. Sol tipe ini dirancang agar langkah pemula nyaman.

Tipe spike untuk berlari cepat

Tipe spike lebih cocok untuk berlari cepat karena lebih menapak pada permukaan tanah. Jadi, bagi Anda yang mengutamakan kecepatan atau memilih sepatu untuk keperluan lomba, pilihlah sepatu lari dengan sol yang kuat.

Heel yang tinggi untuk pemula

Bagi pemula, sebaiknya memilih heel yang tinggi. Heel rendah akan memberi beban pada kaki, sehingga kaki menjadi berat. Sepatu dengan heel tinggi memiliki bantalan yang tebal sehingga memberikan kenyamanan.

Pilih sepatu yang ringan

Sepatu yang berat akan menjadi beban bagi kaki sehingga Anda mudah lelah. Saat ini banyak pilihan sepatu jogging yang ringan hanya 260 gram. Bobot sepatu mempengaruhi kenyamanan dan stamina kecepatan Anda saat berlari.

Bahan mesh untuk bagian upper

Baca Juga:   Tampil Sporty dengan 10 Rekomendasi Baju Olahraga Keren Pria Masa Kini (2018)

Bahan yang lembut pada bagian upper akan memberikan rasa nyaman saat kaki dimasukkan. Kenyamaanan tersebut bisa Anda dapatkan pada Bahan mesh dan proses seamless pada bagian dalam upper.

Kestabilan tumit

Faktor penentu agar kaki mudah masuk ke dalam sepatu adalah kestabilan bagian tumit. Sepatu akan terasa pas di pergelangan kaki Jika bagian tumit sepatu sudah menyokong kaki dengan baik. Pada bagian heel cupnya akan lebih mantap di kaki dengan memilih bahan yang kaku. Karena itu, sebaiknya Anda fitting di toko terlebih dahulu sebelum Anda membeli sepatu.

Bantalannya dapat meredam benturan

Benturan kaki saat diinjakkan ke tanah akan lebih besar pada saat berlari. Untuk itu, Usahakan untuk memilih sepatu lari dengan bantalan yang dapat meredam benturan saat berlari.  Seperti memilih sepatu lari yang dilengkapi pelindung bagian tumit dan ujung jari dalam bentuk gel ataupun pelindung tipe lainnya.

Artikel Lainnya

1 comment

frolep rotrem October 28, 2020 - 3:53 pm

I haven?¦t checked in here for some time since I thought it was getting boring, but the last few posts are good quality so I guess I?¦ll add you back to my everyday bloglist. You deserve it my friend 🙂

Reply

Leave a Comment

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More