Home Tips dan Trik Agar Tak Gagap Memilih Sepatu Lari, Perhatikan 4 Tips Ini!

Agar Tak Gagap Memilih Sepatu Lari, Perhatikan 4 Tips Ini!

by Chloe Hughes
Agar Tak Gagap Memilih Sepatu Lari, Perhatikan 4 Tips Ini!

Menikmati olahraga lari sudah tentu memberikan Anda kebutuhan baru yakni sepasang sepatu lari yang bisa diandalkan. Sepatu untuk olahraga lari ini usahakan dibedakan dengan sepatu yang Anda gunakan ketika melakukan olahraga jenis lainnya. Mengapa? Sebab jika ditelisik lebih mendetail Anda akan menyadari bahwa ada perbedaan cukup mencolok antara sepatu untuk lari dengan olahraga lainnya. Sekilas sepatu ini memang tampil dengan desain tak beda jauh dengan sepatu basket atau mungkin sepatu untuk voli.

Agar Tak Gagap Memilih Sepatu Lari, Perhatikan 4 Tips Ini!

Tips Dalam Memilih Sepatu Khusus Aktifitas Lari

Namun terdapat karakter tersendiri yang menjadikan sepatu ini lebih ideal untuk dipakai berlari, baik jogging di waktu pagi maupun mengikuti lomba maraton. Supaya tidak gagap saat memilih sepatu yang tepat maka perhatikan tips berikut ini:

  • Pilih yang bahan sepatunya berpori,

Ketika berlari maka dijamin tubuh akan berkeringat lebih banyak, sehingga telapak kaki pun ikut lembab. Kalau sepatu yang dipakai tidak mendukung sirkulasi udara maka dijamin kaki terasa dingin karena berada di kelembaban terlalu lama. Maka pastikan memilih sepatu olahraga lari yang bahannya berpori, paling ideal memakai dari bahan kain misal kanvas.

  • Solnya tebal dan empuk,

Bagian sol sepatu lari juga baiknya diperhatikan karena sol inilah yang menjadi tumpuan dan bantalan kaki selama berlari. Berlari memang membuat beban yang diterima kaki bisa dua kali lebih banyak dan jika sol sepatu yang dipakai keras. Maka kaki akan mudah letih dan salah-salah malah bisa mengalami cedera atau kram secara tiba-tiba. Baiknya memilih sepatu yang solnya tebal dan lunak, tidak harus mahal asalkan bagian sol dan bahannya mendukung sudah cukup.

Baca Juga:Tips Membeli Sepatu Lari yang Nyaman untuk Menghindari Cidera

  • Sepatunya terasa ringan saat dipakai,

Kegiatan berlari akan terhambat ketika beban di kaki terasa berlebihan dan parahnya jika beban ini berasal dari sepatu yang digunakan. Sepatu ternyata bisa memperlambat kaki saat melangkah apalagi saat berlari maka perhatikan bobotnya. Supaya tidak salah ambil maka bandingkan bobot satu sepatu dengan yang lainnya kemudian membeli yang paling ringan. Memakai sepatu yang ringan saat lomba lari akan sangat menguntungkan karena gerakan tubuh semakin lincah dan bisa berlari lebih cepat, membuka kesempatan menjadi juara.

  • Jahitan atau perekatnya kuat,

Jahitan sepatu untuk aktifitas lari juga baiknya diperhatikan dengan seksama, karena tidak akan bagus hasilnya jika sepatu sobek di tengah aktifitas lari Anda. Maka pastikan jahitannya kuat sehingga benar-benar mendukung kegiatan lari yang dilakukan sekaligus membuatnya awet. Kalau sepatunya saja awet maka uang yang Anda miliki akan lebih aman sebab tidak perlu diambil terlalu sering untuk belanja sepatu. Apalagi harga sepasang sepatu lari tidak melulu murah, jadi silahkan mencari yang mutunya bagus.

Baca Juga:   Ini Dia Jenis Sarung Tangan Kiper yang Bisa Anda Pilih Sesuai Kebutuhan

Artikel Lainnya

2 comments

frolep rotrem October 28, 2020 - 12:04 pm

As a Newbie, I am constantly searching online for articles that can aid me. Thank you

Reply
froleprotrem October 28, 2020 - 4:51 pm

Really enjoyed this post, can you make it so I get an email every time you publish a new update?

Reply

Leave a Comment

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More