Home Tips dan Trik Dasar-dasar Cara Bermain Voli yang Harus Anda Ketahui

Dasar-dasar Cara Bermain Voli yang Harus Anda Ketahui

by Chloe Hughes
Dasar-dasar Cara Bermain Voli yang Harus Anda Ketahui

Salah satu permainan bola besar yang banyak diminati adalah bola voli. Permainan ini dimainkan oleh 6 pemain. Mungkin masih banyak pembaca yang belum mengetahui aturan-aturan mendasar dalam permainan ini. Untuk mendalami pengetahuan ini, di dalam artikel ini akan dibahas beberapa peraturan dasar yang wajib diketahui.

Dasar-dasar Cara Bermain Voli yang Harus Anda Ketahui

Cara menghitung skor

Aturan yang satu ini akan sangat membantu Anda dalam memahami suatu pertandingan, khususnya jika Anda menonton pertandingan di televisi. Dalam permainan bola voli, permainan dianggap menang jika mencapai skor 25 secara rally point. Untuk beberapa kasus, dua tim yang memiliki skor selisih satu, minimal tim tersebut harus memenangkan dua selisih skor, misalnya 23-25 atau 25-27. Jika permainan dilakukan hingga set ke tiga, maka di set 3 harus mencapai skor 15 angka.

Aturan pemain dan cara rotasi

Jika Anda hendak memainkan permainan ini, aturan pemain dan cara rotasi harus terlebih dahulu Anda ketahui. Seperti jumlah pemain, arah rotasi, dan lain-lain. Umumnya, bola voli dimainkan oleh 6 orang dalam satu regu, dengan 4 pemain cadangan. Selain itu, peran pemain di dalam lapangan umumnya terbagi menjadi satu hingga tiga baris. Baris pertama letaknya di dekat net yang bertugas untuk mem-block serangan lawan ataupun mem-passing bola ke arah pemain lain untuk smash. Rotasi dilakukan setiap kali penggantian server atau saat pindah bola. Rotasi dilakukan searah dengan jarum jam.

Cara Serve

Serve adalah pukulan awal yang menunjukkan dimulainya sebuah rally. Untuk serving, seorang pemain harus berada di luar garis lapangan. Memukul bola kea rah pertahanan lawan dengan melalui net. Salah satu gaya yang sering dilakukan oleh seseorang yang sudah ahli adalah gaya overhead. Gaya ini memungkinkan Anda untuk memukul bola saat sudah di lempar ke udara di atas kepala. Untuk tahap awal, Anda bisa berlatih dengan gaya biasa yakni, underhand. Gaya ini simple, yakni dengan mengayunkan tangan untuk mengarahkan bola ke pertahanan lawan.

Menembak bola

Baca Juga:   Ini Dia Baju Futsal dengan Bahan Adem Keringat Berkurang Menjadi Lebih Nyaman

Menembakkan bola ke daerah lawan adalah bertujuan untuk menciptakan point dan merupakan salah satu tipe serangan. Sebelum melakukan tembakan, umumnya kita bisa mem-passing bola hingga tiga kali termasuk melakukan smash sebagai akhir penyerangan. Passing penyerangan biasanya dilakukan oleh pemain depan, sedangkan pemain belakang biasanya bertugas untuk fungsi defend.

Strategi bola voli

Dalam permainan bola voli, diperlukan juga adanya strategi atau teknik untuk menciptakan point. Teknik-teknik ini biasanya dipimpin oleh pemain depan bernama setter. Setter ini haruslah lincah dan gesit selama pertandingan. Keberadaannya mengatur pemain lain untuk membangun sebuah serangan. Anda bisa menerapkan teknik menyerang dengan smash jika dilihat lawan tidak begitu mampu mengatasinya, atau dengan blocking jika kebetulan posisi pemain depan Anda cukup tinggi.

Artikel Lainnya

1 comment

frolep rotrem October 28, 2020 - 2:10 pm

Good site! I really love how it is simple on my eyes and the data are well written. I am wondering how I might be notified when a new post has been made. I’ve subscribed to your RSS which must do the trick! Have a great day!

Reply

Leave a Comment

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More