Home Tips dan Trik Ini Dia Cara yang Benar untuk Merawat Sepatu Basket

Ini Dia Cara yang Benar untuk Merawat Sepatu Basket

by Chloe Hughes
Cara yang Benar untuk Merawat Sepatu Basket

Aneka Jersey Bola – Bagi pemain basket, memiliki sepatu basket adalah hal yang wajib karena akan berpengaruh pada penampilan atau permainan yang dilakukan. Biasanya pemain basket tersebut akan memiliki sepatu untuk bermain basket yang jumlahnya lebih dari 1. Tujuan penggunaan sepatu yang kini bisa dibeli secara online di toko online ini adalah selain agar bisa digunakan bergantian misalnya karena agar tidak bosan namun juga untuk mencegah sepatu tersebut agar tidak mudah rusak sehingga bisa lebih awet dan tahan lama.

Cara yang Benar untuk Merawat Sepatu BasketUntuk merawat agar sepatu untuk basket tersebut tetap tahan lama dan dalam kondisi yang bagus yang bisa digunakan dalam waktu yang cukup lama, Anda bisa melakukan cara berikut ini. Pertama adalah biarkan udara dalam sepatu berganti. Caranya adalah setelah Anda menggunakan sepatu tersebut untuk bermain basket, longgarkan tali sepatu tersebut kemudian tarik bagian lidah sepatunya ke arah luar sehingga udara yang ada di dalam sepatu bisa keluar dari sepatu dan udara luar bisa masuk. Tujuannya, selain mencegah agar bagian dalam sepatu tidak bau, juga membuat agar sepatu tersebut tetap nyaman untuk digunakan.

Kedua adalah letakkan sepatu di tempat yang cukup teduh. Umumnya, basket akan dilakukan di dalam ruangan namun tidak sedikit, misalnya pertandingan basket antar SMA atau saat latihan dilakukan di luar ruangan. Setelah sepatu tersebut digunakan, pastikan jika Anda meletakkannya di bagian tempat yang teduh atau yang memiliki angin cukup bagus sehingga sepatu bisa cepat kering. Hindari pula untuk meletakkan sepatu di bawah terik matahari karena hal tersebut bisa menyebabkan sepatu menjadi memudar warnanya.

Ketiga adalah hindari meninggalkan kaos kaki di bagian dalam sepatu. Perilaku meninggalkan kaos kaki di dalam sepatu misalnya sepatu basket biasanya dilakukan agar kaos kaki tidak hilang atau tercampur dengan yang lainnya. Namun, cara tersebut justru bisa menyebabkan sirkulasi udara dalam sepatu menjadi kurang maksimal sehingga menyebabkan sepatu menjadi bau dan panas serta tidak nyaman saat digunakan. Jika ingin meletakkan kaos kaki, bisa diletakkan di bagian ujung sepatu atau di rak tempat Anda meletakkan sepatu tersebut.

Baca Juga:   Ternyata Ini Dia 5 Langkah Mudah Agar Cepat Mahir Saat Belajar Renang

Keempat adalah gunakan sikat. Sikat tersebut bisa dipergunakan untuk menghilangkan kotoran yang menempel pada sepatu misalnya di bagian permukaan. Sikat juga dapat digunakan untuk membersihkan bagian sol bawah apalagi jika bagian tersebut sangat kotor. Jika sikat halus tersebut kurang bisa membersihkan bagian gerigi sol, Anda bisa menggunakan tusuk gigi agar yang terselip di bagian bawah sepatu tersebut bisa terbuang dan sepatu tetap bersih.

Cara lainnya untuk merawat sepatu basket agar tetap bersih dan awet dengan baik dan benar adalah:

– Gunakan sponge untuk membersihkan sepatu yang terbuat dari bahan kombinasi misalnya kulit dan karet.

– Hindari mengeringkan menggunakan alat pengering misalnya hair dryer dalam suhu yang tinggi karena bisa membuat permukaan sepatu kulit menjadi lebih cepat kering dan terkelupas.

– Bersihkan bagian dalam sol sepatu.

– Jika sepatu tersebut bernoda Anda bisa mencelupkan lap ke dalam larutan deterjen yang lembut kemudian gosokkan di bagian yang bernoda hingga noda tersebut pudar. Untuk bagian noda yang membandel, gunakan sikat gigi halus. Setelah itu, seka di bagian yang basah menggunakan lap kering lalu angin-anginkan.

– Simpan di tempat yang kering.

– Sebelum menggunakan sepatu, pastikan kaki tetap dalam kondisi yang bersih dan kering.

Sumber : Ulas Olahraga

Artikel Lainnya

1 comment

frolep rotrem October 28, 2020 - 5:56 pm

I was just looking for this info for some time. After 6 hours of continuous Googleing, finally I got it in your website. I wonder what is the lack of Google strategy that don’t rank this kind of informative sites in top of the list. Generally the top sites are full of garbage.

Reply

Leave a Comment

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More