Home Jersey Bola Ini Dia Pertandingan dengan Kontroversi Wasit di Liga Indonesia 2017

Ini Dia Pertandingan dengan Kontroversi Wasit di Liga Indonesia 2017

by Chloe Hughes
Ini Dia Pertandingan dengan Kontroversi Wasit di Liga Indonesia 2017

Pertandingan seperti sepak bola kerap kali terjadi kontroversi dan umumnya adalah terkait dengan keputusan wasit saat memimpin pertandingan. Kasus kontroversi tersebut bisa terjadi di mana saja termasuk di Liga Indonesia seperti di Liga 1. Ligina yang merupakan kompetisi antar klub sepak bola di Indonesia ini di musim lalu saat Bhayangkara FC menjadi juara karena mumuncaki klasemen dengan poin 68, menyisakan sekelumit pertandingan kontroversi tidak hanya terkait dengan title juara untuk Bhayangkara namun juga karena keputusan wasit.

 

Pertama adalah Persib Bandung vs Arema FC. Kedua tim besar yang ada di Indonesia ini bertanding pada tanggal 4 April 2017 dengan skor imbang 0-0. Sayangnya, dibalik hasil akhir kacamata tersebut, wasit Musthofa Umarella dianggap memberikan keputusan yang kontroversial untuk Arema FC sebagai tim tamu. Hal tersebut menyebabkan gol Gonzales di menit ke-38 dianulir karena offside akan tetapi, berdasarkan pada rekaman pertandingan terlihat jika gol tersebut harusnya sah. Karena hal itu, manajemen Arema mengajukan protes ke operator kompetisi.

 

Kedua adalah Mitra Kukar vs PSM Makasar. Pertandingan di Stadion Aji Imbut pada 24 April 2017 dengan hasil akhir 1-1 juga meninggalkan kontroversi yang merugikan PSM Makasar. Hal tersebut disebabkan skor awal 1-0 untuk PSM Makasar harus berubah menjadi 1-1 di menit 90+2. Saat pertandingan di Liga Indonesia ini wasit Iwan Sukoco memberikan pinalti untuk Mitra Kukar. Hasilnya, pertandingan yang diwarnai beberapa kontroversi yang membuat Munafri Arifuddin selaku CEO PSM meminta agar operator Liga 1 2017 agar secepatnya melakukan evaluasi terhadap kinerja Iwan Sukoco.

 

Ketiga adalah PS TNI vs Persija Jakarta. pertandingan pekan ke-10 Liga 1 2017 ini dimenangkan oleh Persjia lewat gol Bruno Lopes dan Ramdani Lestaluhu. Akan tetapi, pertandingan di Stadion Pakansari, Cibinong tanggal 8 Juni 2017 ini terjadi kontroversi dari wasit Fariq Hitaba yang sempat menghadiahkan pinalti di menit ke-85 untuk PS TNI karena melihat ada pemain Persija yang melakukan handball. Akan tetapi, setelah mendapatkan protes dan ia melihat tayangan ulang ia menganulir keputusan pinalti yang dibuat dan karena hal tersebut, ia menuai kecaman dari Ivan Kolev dan pasca pertandingan tersebut, PSSI menonaktifkan Fariq.

 

Keempat adalah Persija Jakarta vs PSM Makasar. Pertandingan Liga Indonesia 2017 pekan ke-20 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi tanggal 15 Agustus 2017 menghasilkan skor 2-2. Skor seri ini dihiasi kontroversi anulir gol Wiljan Pluim oleh wasit asal Iran, Bonyadifard Mooud di menit ke-85. Karena adanya anulir tersebut, PSM yang harusnya bisa menang di pertandingan tersebut atas tim Macam Kemayoran harus menelan hasil imbang dan berbagi poin dan PSM juga langsung melaporkan ke PSSI agar bisa ditindaklanjuti.

 

Baca Juga:   Tips Membeli Sepatu Olahraga yang Tepat dan Nyaman Digunakan

Artikel Lainnya

3 comments

frolep rotrem October 28, 2020 - 11:45 am

Valuable info. Lucky me I found your web site by accident, and I’m shocked why this accident did not happened earlier! I bookmarked it.

Reply
froleprotrem October 28, 2020 - 12:50 pm

I see something genuinely special in this internet site.

Reply
Fresh SEO Agency October 30, 2020 - 12:04 pm

I believe this is one of the most significant info for me. And i’m satisfied studying your article. But wanna remark on some general things, The website taste is ideal, the articles is actually excellent : D. Good task, cheers

Reply

Leave a Comment

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More