Home Uncategorized Jenis-jenis Sarung Tangan Kipper Beserta Plus Minusnya

Jenis-jenis Sarung Tangan Kipper Beserta Plus Minusnya

by Chloe Hughes

Posisi dalam olahraga sepak bola memang terbagi atas beberapa jenis, diantaranya ada pemain tengah, penyerang, pemain samping dan satu lagi yang paling penting adalah penjaga gawang atau yang dikenal sebagai kipper. Mereka memiliki tugas untuk menghalau bola yang akan masuk kedalam gawang. Satu-satunya pemain yang bisa menggunakan tangan untuk mengambil bola. Guna memastikan keamanan tersebut maka wajib mengenai atribut penting yaitu sarung tangan kipper.

 

Pastinya tak asing dengan atribut yang satu ini, sarung tangan fungsi utamanya adalah dipakai untuk menjaga tangan tetap dalam kondisi yang aman, bahkan untuk benturan bola yang sangat keras sekalipun. Karena jika digunakan menghalau bola tanpa memakai sarung tangan resiko cidera akan semakin tinggi. Untuk itulah maka sarana yang satu ini sangat wajib dimiliki oleh Anda yang memang memiliki tugas untuk menjaga gawang tetap aman dari bobolan lawan.

 

Pilah-pilih produk sarung tangan kipper ini juga sangat penting untuk memastikan kenyamanan dan ketahanannya, bagian lainnya adalah dari segi model atau jenisnya, terbagi atas beberapa, yaitu:

 

  1. Flat palm, model sarung tangan dengan bentuk flat atau standard, keuntungan menggunakan jenis yang satu ini adalah ruang untuk tangan jadi lebih lebar, sehingga terasa nyaman dipakai. Namun karena lapisannya yang tidak terlalu tebal terkadang masih sering sakit digunakan menerima bola yang berkecepatan tinggi.
  2. Negative cut, model ini kebalikan dari sarung tangan flat palm, karena memiliki kulit yang lebih keras dan juga ruang gerak terbatas, namun nilai lebihnya adalah jari-jari bisa lebih leluasa dalam bergerak, begitu juga ketika nantinya ingin menangkap atau mengontrol bola berkekuatan tinggi maka tak akan terasa sakit ketika digunakan.
  3. R-Negative, model menyerupai negative cut, hanya saja dengan daya cengkram yang jauh lebih baik, sehingga memungkinkan Anda mengontrol bola yang didapatkan secara penuh. Biasanya model yang satu ini banyak ditawarkan dari bahan-bahan yang kuat, sehingga tidak mudah rusak ketika dipakai.
  4. Roll finger, model ini dibungkus menggunakan lateks atau karet secara keseluruhan, sehingga sekali digunakan akan terasa sangat pas ditangan, nilai minusnya adalah menyulitkan tangan untuk bernapas, apalagi jika sudah keringatan. Namun nyaman dipakai untuk menghalau bola.
  5. Half finger, model ini sangat unik karena untuk bagian ujung jarinya terlihat atau terpotong, sehingga memungkinkan aliran udara tetap masuk dan terasa sejuk, cocok bagi yang masih pemula dalam hal menggunakan sarung tangan bola, namun daya lindungnya tidak secara keseluruhan, jadi resiko cidera sudah pasti ada.

 

Wajib tahu pilihan jenis dan juga kelebihan beserta kelemahan masing-masing sarung tangan kipper tersebut, mudah pilah-pilih produknya di pasaran dengan harga terjangkau.

Baca Juga:   Mengenal Lebih dalam Mengenai Sejarah Perkembangan Ring Basket

Artikel Lainnya

1 comment

frolep rotrem October 28, 2020 - 2:00 pm

Usually I don’t read article on blogs, but I would like to say that this write-up very forced me to try and do it! Your writing style has been amazed me. Thanks, quite nice post.

Reply

Leave a Comment

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More