Home Uncategorized Kabar Olahraga Sejarah Pekan Olahraga Nasional (PON)

Kabar Olahraga Sejarah Pekan Olahraga Nasional (PON)

by Chloe Hughes

Pekan Olahraga Nasional atau dikenal dengan singkatannya PON adalah pertandingan olahraga nasional yang diadakan setiap empat tahun sekali. Peserta PON diikuti oleh atlit-atlit dari berbagai cabang olahraga seluruh provinsi di Indonesia. Simak ulasan kabar olahraga mengenai seputar PON yang akan kita ulas dalam artikel ini.

Sejarah PON

Pada tahun 1946 dengan dibentuknya Persatuan Olahraga Republik Indonesia atau PORI yang dibantu Komite Olimpiade Republik Indonesia atau KORI keduanya dilebur menjadi satu yaitu menjadi KONI. Tujuan menggabungkan PORI dan KORi adalah untuk mempersiapkan atlet Indonesia untuk mengikuti pekan olahraga Olimpiade Musim Panas ke XIV yang diadakan di London, tepatnya pada tahun 1948.

Namun usaha Indonesia untuk mengikuti pesta olahraga Internasional tersebut mengalami banyak kendala. Salah satunya PORI sebaga badan olahraga resmi belum menjadi anggota IOC (Internasional Olympic Committee), sehingga atlet Indonesia yang dikirim belum bisa berpartisipasi dalam peristiwa olahraga tersebut.

Kendala lainnya adalah pengakuan kemerdekaan bangsa Indonesia pada waktu itu masih baru, menjadi penghalang mendapatkan paspor. Atlet Indonesia pada waktu itu hanya bisa mendapatkan paspor jika memakai paspor Belanda dan tentu saja delegasi Indonesia hanya mau hadir membawa nama bangsa Indonesia.

Akhirnya karena kendala-kendala tersebut menyebabkan rencana kepergian beberapa anggota pengurs PORI ke London gagal. Masalah tersebut kemudian menjadi topic pembahasan konfrensi darurat yang diadakan di Solo pada tanggal 1 Mei 1948.

Kemudian konfrensi sepakat menyelenggarakan Pekan Olahraga dan menetapkan kota Solo sebagai kota penyelenggara PON ke-1 yaitu pada tanggal 8 – 12 September 1948. Diselenggarakannya PON ke 1 membawa misi menunjukkan kepada dunia bahwa bangsa Indonesia sanggup mengadakan acara pertandingan olahraga dengan skala nasional.

Baca Juga: 4 Kabar Olahraga Terbaru PON XIX Jawa Barat, 2016

Lokasi Penyelenggara Pekan Olahraga Nasional (PON)

Baca Juga:   Artikel Olahraga Terbaru Dari PON Jawa Barat 2016

Setelah diadakan PON yang pertama, yaitu di kota Solo pada tanggal 8 – 12 September 1948, beberapa tahun kemudian diadakan kembali PON yang ke-2 dst sampai PON yang baru ini di adakan di Bandung Jawa Barat sebagai tuan rumah penyelenggara PON ke-19 tepatnya pada 17 – 29 September 2016.

Kabar olahraga PON yang diadakan di Jawa Barat mempertandingkan 44 cabang olahraga dengan 756 nomor pertandingan. Selama dua pekan acara digelar memperebutkan sebanyak 756 medali emas, 756 medali perak dan sebanyak 979 medali perunggu.

Diperkirakan sebanyak 8403 atlet dari luar Jawa Barat mengikuti kompetisi olahraga nasional ini. Beberapa venue tersebar di 16 kabupaten di Jawa Barat. Pada PON kali ini, Bandung Jawa Barat menjadi tuan rumah pertandingan yang kedua kalinya. Sebelumnya Bandung pernah menjadi tuan rumah PON ke-5 yaitu pada tanggal 23 September–1 Oktober 1961.

Demikian kabar olahraga PON, mulai dari sejarah hingga lokasi penyelenggaraannya. Semoga artikel ini dapat menambah informasi dan bermanfaat!

Artikel Lainnya

2 comments

frolep rotrem October 28, 2020 - 2:32 pm

I am extremely impressed with your writing skills and also with the layout on your weblog. Is this a paid theme or did you customize it yourself? Anyway keep up the excellent quality writing, it is rare to see a great blog like this one today..

Reply
froleprotrem October 28, 2020 - 3:30 pm

You are my intake, I own few blogs and infrequently run out from to brand : (.

Reply

Leave a Comment

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More