Home Tips dan Trik Pentingnya Melakukan Senam Sehat Secara Rutin

Pentingnya Melakukan Senam Sehat Secara Rutin

by Chloe Hughes

Kesehatan merupakan harta yang paling berharga bagi manusia. Dengan kesehatan yang optimal, manusia bisa produktif dalam melakukan berbagai kerja dan kegiatan untuk mengisi hidup mereka. salah satu cara untuk mendapatkan tubuh yang sehat optimal adalah dengan melakukan olahraga secara rutin. Jenis olahraga rutin terbaik yang bisa dilakukan secara mandiri sendiri maupun berkelompok adalah dengan melakukan senam sehat. Ada beberapa jenis senam yang bisa diikuti yang disesuaikan dengan tujuan senam, usia hingga riwayat penyakit yang telah dimiliki sebelumnya. Dari berbagai jenis senam tersebut, tujuannya sebenarnya sama yaitu membentuk tubuh agar memiliki stamina yang lebih sehat dan prima.

Senam pagi atau senam aerobik dan jenis senam lainnya akan bisa memberikan manfaat bagi pelakunya jika dilakukan secara rutin baik setiap hari ataupun 2 hingga 3 kali seminggu. Gerakan pada senam umumnya mengharuskan pelakunya untuk melakukan kegiatan motorik yang melatih otot tubuh sehingga otot dilatih dengan lebih baik. Selain itu dengan gerakan tertentu, senam akan membakar lemak dengan lebih cepat dibandingkan hanya dengan melakukan pekerjaan sehari-hari.

Dengan berbagai kegiatan fisik yang dilakukan pada senam, ada banyak kelebihan yang bisa diambil saat melakukan senam secara rutin yaitu:

  • Menyehatkan jantung karena dilatih untuk melakukan kegiatan fisik.
  • Membakar lemak yang mengganggu peredaran darah.
  • Membakar kolesterol jahat.
  • Melatih otot.
  • Mengencangkan otot sehingga membentuk tubuh menjadi lebih baik dan berisi.
  • Melatih ketangkasan motorik.

Melakukan senam sehat tak selalu harus menjadi anggota member sanggar senam yang mahal dengan semua peraturan keanggotaannya. Anda bisa mengikuti senam yang dilakukan oleh pemerintahan daerah yang biasanya diadakan di tempat-tempat umum seperti lapangan atau area stadion di kota Anda. Atau Anda juga bisa melakukannya secara mandiri dengan membeli video senam atau melihat di televisi kemudian mengikutinya secara perlahan.

Baca Juga: Kriteria Baju Senam yang Tepat untuk Dipilih

Agar senam membawa hasil seperti yang diharapkan, maka Anda harus melakukannya secara rutin dan bertahap. Jika memaksakan melakukan senam tingkat mahir padahal Anda adalah pemula atau baru saja akan mencoba senam, maka mungkin otot Anda akan terasa kram setelah mengikuti semua gerakan. Jika Anda membeli video senam maka belilah secara lengkap untuk tingkatan yang dianjurkan sehingga Anda bisa secara urut mengikuti gerakannya untuk menghindari cidera otot.

Itulah kelebihan dan manfaat melakukan senam sehat secara rutin untuk tubuh dan bentuk tubuh Anda. Diharapkan dengan melakukan kegiatan olahraga terutama senam, semua anggota masyarakat bisa mengupayakan kesehatan tubuhnya dengan cara-cara yang mudah, murah dan efektif. Jangan lupa untuk mengimbangi kegiatan olahraga dengan gaya hidup yang sehat seperti makan makanan sehat, menjauhi minuman keras dan rokok, serta menjaga waktu istirahat dan menjauhkan diri dari stres.

 

Baca Juga:   Apa Saja Fungsi dari Sepatu Basket Sehingga Wajib Dipakai?

Artikel Lainnya

2 comments

froleprotrem October 28, 2020 - 2:59 pm

There is noticeably a bundle to know about this. I believe you made certain good points in features also.

Reply
Fresh Traffic October 30, 2020 - 12:35 pm

I get pleasure from, cause I discovered just what I was having a look for. You have ended my four day lengthy hunt! God Bless you man. Have a nice day. Bye

Reply

Leave a Comment

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More