Home Tips dan Trik Pilihlah Sepatu Lari yang Tepat dan Rasakan 4 Manfaatnya!

Pilihlah Sepatu Lari yang Tepat dan Rasakan 4 Manfaatnya!

by Chloe Hughes

Sepatu lari yang dirancang khusus untuk olahraga, bermanfaat untuk melindungi dan membimbing kaki Anda dan gerakan pergelangan kaki Anda saat berlari jarak dekat atau jarak jauh sekalipun. Jika Anda pernah menderita sakit pinggul, sakit kaki atau pergelangan kaki yang menyakitkan setelah berlari, mungkin karena Anda tidak memakai jenis  sepatu lari yang benar dan tepat.

Apakah Anda memilih antara menggunakan sepatu lari atau berlari tanpa alas kaki, atau mengenakan antara sepatu lari dan sepatu biasa, sepatu lari dapat memberikan sejumlah keuntungan dan manfaatnya seperti ulasan kami dibawah ini:

  • Efisiensi yang lebih besar

Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2012 oleh University of Colorado di Boulder menemukan bahwa berlari dengan sepatu lari khusus olahraga akan membuat energy dan kinerja lari Anda semakin efiens dan maksimal, ketimbang berlari dengan menggunakan sepatu biasa. . Hal ini sebagian besar disebabkan oleh bantalan tambahan yang terdapat di dalam sepatu khusus lari. Jika Anda berlari dengan mengenakan sepatu biasa, olahraga lari anda tidak akan maksimal karena anda akan menggunakan otot-otot kaki Anda secara lebih dan pengeluaran lebih banyak energi.

  • Perlindungan

Mengenakan sepatu yang dibuat khusus untuk memberikan perlindungan lebih untuk kaki Anda daripada sepatu biasa. Sebuah bantalan sepatu lari melindungi Anda dari  bentura keras benda seperti ketika Anda berlari di atas kerikil, batu,  dan menyerap lebih dari dampak dari setiap langkah yang Anda ambil. Lebih lembut dalaman sepatu, semakin besar bantalan dan perlindungan. Namun, midsoles lembut tidak bertahan lama dan Anda akan perlu membeli sepatu lari baru lebih cepat.

  • Memberikan dukungan dan performa saat berlari

Anda berisiko mengalami shin splints, plantar fasciitis, bunions dan masalah kaki lainnya. Anda dapat membeli sepatu lari yang dirancang khusus untuk memperbaiki masalah ini. Sepatu ini akan memiliki bahan lebih keras di bagian dalam midsole, memberikan dukungan tambahan dan mencegah kaki Anda dari bergulir ke dalam.

  • Memperbaiki Supinasi

Sebuah sepatu lari yang tepat juga dapat memperbaiki masalah supinasi, yang adalah ketika  kaki Anda merasa tidak nyaman saat berlari. Hal ini menempatkan tekanan ekstra pada ligamen dan tulang di bagian luar kaki Anda, menempatkan kedua kaki Anda pada risiko cedera yang fatal. kaki Anda juga akan menyerap kejutan dari langkah-langkah Anda yang kurang efisien, yang dapat menyebabkan nyeri lutut.  Sepatu olahraga dengan midsoles lembut dan bantalan di bagian tumit dan bagian depan kaki memberikan fleksibilitas kaki  yang membuat kaki Anda tidak kaku dan keram. Jadi pilihlah sepatu olahraga khusus lari yang bagus dan mempunyai kualitas yang baik. Karena bagaimanapun anda butuh kenyamanan saat berlari.

Baca Juga:   Merawat Sepatu Basket

Artikel Lainnya

1 comment

froleprotrem October 28, 2020 - 9:05 am

I’m not that much of a online reader to be honest but your sites really nice, keep it up! I’ll go ahead and bookmark your website to come back later on. All the best

Reply

Leave a Comment

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More