Home Tips dan Trik Sepatu Futsal yang Tepat Sesuai dengan Tipe Pemain

Sepatu Futsal yang Tepat Sesuai dengan Tipe Pemain

by Chloe Hughes

Futsal menjadi salah satu olahraga yang tidak hanya diminati oleh kaum pria namun juga oleh kaum wanita. Sepak bola yang diadakan di dalam ruangan dengan jumlah pemain dan lapangan yang lebih kecil dibandingkan sepak bola di luar ruangan ini juga membutuhkan perlengkapan olahraga seperti sepatu futsalSepatu untuk futsal ini berbeda jika dibandingkan dengan sepatu yang digunakan untuk bermain sepak bola di luar ruangan karena permukaan lapangannya yang berbeda.

Sepatu untuk futsal ini dapat dibedakan berdasarkan pada tipe pemain yang menggunakannya sehingga permainan dapat lebih maksimal. Pertama adalah tipe shooter. Sepatu yang cocok digunakan untuk Anda yang memiliki jiwa striker atau penembah ini harus memiliki sisi yang kuat baik sisi dalam kaki ataupun luar kaki. Dengan struktur yang nyaman dan kuat maka tendangan yang dihasilkan juga akan lebih kuat dan akurat baik untuk jarak jauh ataupun dekat namun tidak cepat rusak setelah digunakan.

Kedua adalah tipe controller atau dribbler. Posisi yang disebut juga dengan gelandang ini lebih banyak memainkan bola jika dibandingkan dengan posisi sebagai striker. Jenis sepatu futsal yang cocok untuk digunakan adalah jenis sepatu yang memiliki bobot ringan dan nyaman untuk digunakan. Dengan menggunakan sepatu yang tepat maka kontrol bola untuk bermain futsal akan lebih maksimal.

Ketiga adalah tipe passer. Passer akan memberikan bola atau mengumpan ke pemain yang lainnya. Posisi yang disebut sebagai creator atau playmaker ini memberikan umpan yang panjang atau pendek. Sepatu untuk futsal yang tepat bagi Anda yang bermain di posisi ini adalah yang mempunyai sol atau bagian bawah sepatu yang lebih kuat dan lebar. Dengan struktur tersebut maka pemain akan lebih mudah untuk mengumpan bola ke arah yang diinginkan.

Baca Juga: Cara Menemukan Sepatu Futsal Impian

Sedangkan untuk memilih sepatu futsal untuk bermain, maka Anda harus memperhatikan hal berikut:

  • Bahan sepatu apakah terbuat dari bahan karbon, kulit, sintetis, kain ataupun imitasi. Jenis sepatu yang paling nyaman dan kuat digunakan adalah dari serat karbon sedangkan yang paling mudah rusak adalah dari bahan imitasi.
  • Bentuk atas sepatu dan bagian belakang sepatu terutama di bagian tumit. Hal tersebut dikarenakan bagian tumit lebih rawan cidera jika Anda salah berpijak sehingga pilih sepatu dengan tumit yang cukup tebal tapi mudah ditekuk.
  • Jahitan pada sepatu untuk futsal. Pilih jenis sepatu yang memiliki jahitan yang kuat terutama di bagian telapak sepatu. Jahitan yang rapi dan kuat akan membuat sepatu Anda lebih tahan lama.
  • Sol sepatu. Perhatikan ukuran dan ketebalan dari sol sepatu tersebut untuk menghindari cidera serta perhatikan jenis sol sesuai dengan jenis permukaan lapangan futsal.

Dari informasi diatas, semoga dapat membantu Anda untuk bisa memilih sepatu untuk futsal yang tepat sesuai dengan posisi Anda bermain futsal.

 

Baca Juga:   Tips Olahraga yang Baik untuk Ibu Hamil

Artikel Lainnya

1 comment

froleprotrem October 28, 2020 - 8:14 am

I like this website so much, saved to fav. “Respect for the fragility and importance of an individual life is still the mark of an educated man.” by Norman Cousins.

Reply

Leave a Comment

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More