Home Tips dan Trik Tips Memilih Sepatu Jogging yang Cocok dan Terbaik Untuk Anda

Tips Memilih Sepatu Jogging yang Cocok dan Terbaik Untuk Anda

by Chloe Hughes
Tips Memilih Sepatu Jogging yang Cocok dan Terbaik Untuk Anda

Bagi anda yang senang berolahraga atau baru akan memulai gaya hidup yang sehat dengan rajin berolahraga, tentu saja sepatu menjadi bagian yang tidak dapat terpisahkan. Sehingga untuk memulai berolahraga, pastinya anda membutuhkan sepatu olahraga yang terbaik dan cocok. Jika anda butuh sepatu olahraga untuk olahraga ringan, maka pilihan yang tepat untuk membeli sepatu jogging. Nah bagi anda yang masih kebingungan memilih sepatu yang cocok dan terbaik, maka tips di bawah ini mungkin akan sangat membantu.

Tips Memilih Sepatu Jogging yang Cocok dan Terbaik Untuk Anda

  • Perhatikan Tipe Kaki

Hal pertama yang perlu diperhatikan dalam memilih sepatu jogging adalah tipe kaki anda sendiri. Jika sampai anda memilih sepatu yang tidak tepat sesuai dengan bentuk kaki, maka akan terasa tidak nyaman bahkan kaki mudah cedera. Jika bentuk kaki anda terdapat lekukan di bagian tumit dan depan kaki, maka menunjukkan jika tipe kaki tersebut melengung. Model sepatu yang cocok adalah sepatu yang sol nya terdapat lekukan.

Jika tipe kaki anda adalah High-Arched, maka akan terlihat adanya ruangan sempit diantara telapak kaki dan tumit. Model sepatu yang cocok adalah sepatu dengan bantalan tambahan yang ditempatkan di bagian dalam. Jika kaki anda bentuknya normal, maka sebainya pilih model sepatu yang lebih menekankan fitur stabilitasnya. Dan jika tipe kaki anda memiliki permukaan yang datar di seluruh permukaan, pilih jenis sepatu yang memberikan anda kontrol pada pergerakan kaki.

  • Sesuaikan dengan Ukuran Kaki

Meskipun biasanya sepatu memiliki nomor sepatu, namun jangan hanya terpaku dengan nomor ukuran sepatu saja. Hal ini karena setiap sepatu memiliki nomor dan bentuk yang berbeda. Sehingga akan lebih baik untuk mengetahui ukuran kaki anda sendiri dan kemudian mencocokkannya dengan sepatu yang anda inginkan.

Saat membeli sepatu, usahakan untuk mencoba sepatu dengan menggunakan kaus kaki. Usahakan untuk memilih sepatu yang cocok di bagian tumit dan memiliki jarak sekitar 1,5 cm pada bagian jempol kaki dengan ujung sepatu. Sehingga nantinya kaki tetap terasa nyaman ketika berpijak di alas kaki anda.

  • Sesuaikan Sepatu dengan Aktivitas Anda
Baca Juga:   Menilik Keunggulan dari Sepatu Adidas Bagi Para Pemain Bola

Setiap sepatu memiliki kegunaannya masing-masing, ada yang untuk kesehatan, meninggikan bada, bergaya, hingga berolahraga. Jika anda menginginkan sepatu olahraga, maka anda bisa sesuaikan dengan jenis olahraga yang akan anda lakukan. Jika anda memilih sepatu jogging, maka pilih desain sepatu yang ringan. Tentu saja model sepatu ini akan berbeda dengan sepatu yang digunakan untuk lari jarak jauh ataupun jarak pendek. Sehingga pastikan anda memilih yang sesuai dengan kebutuhan serta aktivitas tertentu.

  • Ganti Sepatu Jogging

Sama halnya seperti barang lainnya, sepatu jogging tentunya memiliki masa pakainya sendiri. Untuk itu anda bisa mengganti sepatu anda jika memang dirasa kurang nyaman. Misalnya saja jika sepatu menyebabkan rasa tidak nyaman dan sakit, maka sebaiknya stop penggunaan sepatu. Meskipun kerusakan belum terlihat, namun jika di bagian sisi kanan dan kiri sudah sobek ataupun sambungan kain tipis maka akan lebih baik untuk mengganti sepatu lari anda.

Artikel Lainnya

1 comment

frolep rotrem October 28, 2020 - 4:00 pm

Some really interesting details you have written.Assisted me a lot, just what I was searching for : D.

Reply

Leave a Comment

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More