Home Tips dan Trik Tips Mudah Belajar Renang Bagi Pemula

Tips Mudah Belajar Renang Bagi Pemula

by Chloe Hughes
Tips Mudah Belajar Renang Bagi Pemula

Olahraga merupakan salah satu hal terpenting dalam menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Gerakan yang dilakukan saat berolahraga dapat membakar lemak dan melancarkan peredaran darah. Salah satu jenis olahraga yang menjadi favorit bagi masyarakat khususnya baik anak-anak adalah renang. Olahraga jenis ini dapat membantu melenturkan otot-otot dan bagus untuk menambah tinggi serta berat badan. Sedangkan bagi anak-anak, olahraga ini menjadi favorit karena mereka cenderung suka dengan dunia air sambil bermain.

Tips Mudah Belajar Renang Bagi Pemula

Renang termasuk olahraga yang santai dan menyenangkan. Namun tidak semua orang bisa berenang dengan baik. Hal ini disebabkan oleh berbagai alasan diantaranya takut dengan air, takut tenggelam, tidak bisa mengapung, dsb. Bagi Anda yang masih sangat pemula sebaiknya mengikuti tips-tips berikut agar dapat berenang dengan baik.

Bermula Dari Kolam Dangkal

Bagi pemula sebaiknya mencoba berenang dari kolam yang dangkal. Anda tidak perlu merasa malu ataupun gengsi karena berada di kolam dangkal bersama anak-anak. Mengapa harus demikian? Karena sebagai langkah awal untuk penyesuaian dengan air kolam. Penyesuaian tersebut dapat dilakukan dengan berbagai macam kegiatan seperti berjalan santai, berendam, duduk dalam air, dsb. Kegiatan tersebut juga sebagai kesempatan untuk memahami sejauh mana Anda bisa mengapung.

Baca Juga : Ingin Snorkeling Namun Tak Bisa Renang? Ini Dia Tipsnya

Setelah Anda sudah mulai nyaman dan bisa menyesuaikan dengan keadaan sekitar, mulailah menuju kolam yang lebih dalam. Lakukan langkah demi langkah dengan percaya diri dan kalahkan rasa takut Anda.

Latihan Bernapas Agar Rasa Takut Menghilang

Saat akan renang, latihlah pernapasan Anda dengan tarik napas dalam kemudian masukkan wajah ke permukaan air, lalu hembuskan napas hingga menghasilkan gelembung-gelembung udara. Lakukan kegiatan ini secara berulang-ulang dari kolam dangkal hingga kolam yang lebih dalam.

Baca Juga:   6 Tips Memilih Baju Yoga

Belajar Mengapung

Cara untuk belajar mengapung bagi pemula yakni berpengangan pada pinggir kolam kemudian angkat kaki sambil sandarkan badan Anda ke belakang. Usahakan untuk mengapung dengan membiarkan badan Anda rileks. Lakukan latihan ini berulang kali selama 15 hingga 30 detik.

Gunakan Alat Pelampung Untuk Berenang Satu Lintasan

Agar Anda yang masih pemula dapat berolahraga renang dengan optimal, maka gunakanlah pelampung sebagai alat bantu Anda. Alat ini dapat menyeimbangkan dan melatih Anda untuk dapat berenang sejauh satu lintasan. Jenis pelampung yang dapat digunakan yaitu Kickboard (papan pelampung) atau styrofoam noodle (pelampung sponge panjang)

Gerakkan Tangan Anda Saat Berenang

Untuk melatih kemampuan berenang Anda, gunakan tangan Anda untuk mendayung maju. Jika dilakukan dengan benar dan usaha yang cukup, maka perlahan-lahan Anda dapat berenang tanpa menggunakan pelampung.

Siapkan Keperluan dan Lakukan Pemanasan

Saat Anda akan renang, pastikan untuk menyiapkan kelengkapan seperti menggunakan baju renang, memakai kacamata dan topi renang serta pelampung (jika diperlukan). Selain itu, pastikan untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu agar tidak kram saat berenang.

Artikel Lainnya

1 comment

froleprotrem October 28, 2020 - 4:27 pm

Deference to website author, some fantastic entropy.

Reply

Leave a Comment

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More