Home Tips dan Trik Ulasan Seputar Lapangan Bola untuk Futsal yang Perlu Diketahui Para Pecinta Futsal

Ulasan Seputar Lapangan Bola untuk Futsal yang Perlu Diketahui Para Pecinta Futsal

by Chloe Hughes
Ulasan Seputar Lapangan Bola untuk Futsal yang Perlu Diketahui Para Pecinta Futsal

Futsal merupakan salah satu jenis permainan bola, yang kini banyak digemari oleh berbagai kalangan untuk dilakukan bersama dengan teman, kerabat ataupun sahabat. Permainan bola yang satu ini memang sedikit berbeda dari permainan sepak bola pada umumnya, dimana lapangan dengan ukuran yang besar haruslah dihadirkan. Untuk permainan futsal sendiri lapangan yang digunakan, biasanya akan berbentuk tertutup ataupun yang biasa disebut dengan indoor, dimana ukuran lapangan tersebut pun, tentunya akan lebih sempit dibanding dengan ukuran lapangan sepak bola pada umumnya. Bagi Anda yang memang ingin mempelajari seluk beluk mengenai olahraga futsal tersebut, berikut ini bahasan mengenai lapangan bola khusus untuk olahraga futsal.

 Ulasan Seputar Lapangan Bola untuk Futsal yang Perlu Diketahui Para Pecinta Futsal

Lapangan khusus untuk olahraga futsal ini, biasanya akan banyak digunakan oleh para pemain futsal secara berkelompok, dengan sistem sewa lapangan. Selain berada di dalam ruangan, pada umumnya lapangan futsal ini juga memiliki bagian alas lantai yang biasanya akan dilapisi dengan karpet khusus yang memiliki tekstur seperti rumput, ataupun yang biasa disebut dengan rumput sintetis untuk futsal. Lapangan khusus yang digunakan untuk melakukan olah raga futsal, dengan sistem penyewaan ini, biasanya banyak disebut oleh berbagai kalangan dengan sebutan stadium futsal.

Berikut ini aturan baku mengenai ukuran dan hal lain yang harus dihadirkan dalam sebuah lapangan bola khusus yang diperuntukkan untuk melakukan olahraga futsal, diantaranya adalah:

  • Lapangan memiliki bentuk persegi panjang dengan ukuran panjang antara 25-42 meter. Ukuran lebar lapangan sendiri mulai dari 18-25 meter.
  • Lapangan haruslah memiliki berbagai tanda lapangan, mulai dari garis pembatas, garis tengah ataupun titik tengah dari lapangan.
  • Lapangan dibagi menjadi dua area, dimana masing-masing area merupakan wilayah dari satu tim yang terlibat dalam pertandingan tersebut.
  • Terdapat area pinalti, yang dibuat dengan ukuran tertentu, sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan dalam lingkup internasional.
  • Lapangan tersebut memiliki dua gawang, dengan aturan satu gawang untuk setiap team.

Sedangkan untuk alas lantai dari lapangan futsal tersebut, dalam aturan sendiri lapangan tersebut dipersyaratkan memiliki bentuk permukaan yang halus dan rata, serta tidak bertekstur licin. Lapangan futsal dengan bagian alas tidak dipersyaratkan dibuat dari beton, dimana hal tersebut dapat mengakibatkan permukaan yang licin, dan mudah membuat pemain tergelincir, serta sulit menjaga keseimbangan.

Lapangan bola futsal biasanya akan dilapisi dengan alas khusus, dimana rumput sintetis menjadi bagian yang lebih banyak digunakan dalam lapangan tersebut. selain memiliki tekstur yang lebih lembut, namun rumput ini juga tidak licin sehingga akan mampu melindungi pergerakan dari para pemain futsal. Dengan banyaknya penggunaan rumput sintetis ini, kini pun banyak produsen yang secara khusus memproduksi rumput sintetis dengan label rumput lapangan futsal.

Baca Juga:   4 Jenis Olahraga Ekstrim Berikut Ini Wajib Anda Coba Setidaknya Sekali Seumur Hidup

Artikel Lainnya

2 comments

froleprotrem October 28, 2020 - 11:35 am

you’re in reality a excellent webmaster. The site loading speed is incredible. It sort of feels that you’re doing any unique trick. Moreover, The contents are masterwork. you have performed a excellent process in this matter!

Reply
Fresh Traffic October 30, 2020 - 11:45 am

of course like your website however you need to take a look at the spelling on several of your posts. A number of them are rife with spelling issues and I to find it very bothersome to tell the reality on the other hand I will definitely come back again.

Reply

Leave a Comment

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More